You need to enable javaScript to run this app.

LAYANAN PENGADUAN ONLINE INSPEKTORAT KABUPATEN SOLOK SELATAN

  • Kamis, 10 Juli 2025
  • Administrator
  • 0 komentar
LAYANAN PENGADUAN ONLINE INSPEKTORAT KABUPATEN SOLOK SELATAN

Kehadiran Layanan Pengaduan Online Inspektorat Kabupaten Solok Selatan dilandasi oleh tiga prinsip utama: amanah hukum, tuntutan transparansi, dan responsivitas teknologi. Secara hukum, inisiatif ini sejalan dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri PAN-RB No. 36/2021 tentang Pengaduan Pelayanan Publik, yang mewajibkan pemerintah menyediakan saluran partisipasi masyarakat. Di sisi lain, maraknya tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang akuntabel dan bebas dari praktik korupsi mendorong Inspektorat untuk menghadirkan solusi berbasis digital. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi mengharuskan pemerintah beradaptasi dengan mekanisme pengawasan yang lebih modern, efisien, dan menjangkau generasi muda. Dengan demikian, layanan ini bukan hanya bentuk pemenuhan kewajiban, tetapi juga respons proaktif terhadap dinamika zaman dan kebutuhan masyarakat Solok Selatan.

Inspektorat Kabupaten Solok Selatan menghadirkan terobosan baru melalui Layanan Pengaduan Online sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan. Inovasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat melaporkan berbagai permasalahan, seperti dugaan penyimpangan anggaran, pelayanan publik yang tidak sesuai prosedur, atau praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) secara cepat, aman, dan terjamin kerahasiaannya. Dengan memanfaatkan teknologi digital, layanan ini memungkinkan warga menyampaikan pengaduan kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang langsung ke kantor, sehingga lebih efisien dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Tujuan utama dari layanan ini adalah memperkuat pengawasan publikmempercepat penanganan pengaduan, dan mendorong tata kelola pemerintahan yang bersih dan responsif. Masyarakat dapat mengakses layanan ini melalui website atau aplikasi khusus, mengisi formulir pengaduan dilengkapi bukti pendukung, serta memantau perkembangan laporannya secara real-time. Dampak positifnya tidak hanya dirasakan oleh warga yang mendapatkan pelayanan lebih baik, tetapi juga oleh pemerintah daerah dalam mengidentifikasi dan memperbaiki celah penyelenggaraan pemerintahan. Dengan demikian, Layanan Pengaduan Online Inspektorat Kabupaten Solok Selatan menjadi wujud nyata sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan good governance dan pembangunan yang berintegritas.

#SolokSelatanBebasKorupsi #LaporOnlineMudahCepat

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

-

- Kepala Dinas -

Selamat datang di website Inspektorat Daerah Kabupaten Solok Selatan. Website ini merupakan sarana publikasi di Lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner